• Dalam rangka menerapkan Good Government Governance, beberapa posisi ditawarkan terbuka untuk berbagai kalangan baik internal maupun eksternal institusi tersebut. TOEIC® digunakan sebagai salah satu alat ukur untuk memastikan kandidat memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan pada :

- Kementerian Sekretariat Negara untuk seleksi terbuka kepala sekretariat presiden

- Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk seleksi terbuka kepala BKN

- Biro Kepegawaian Daerah (DPD) Kota Depok saat menyeleksi kandidat untuk posisi Sekretaris Daerah (Sekda) dan Kepala Dinas Bimasda (Dinas Bina Marga & SUmber Daya Air) kota Depok

- Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) dalam seleksi Kepala Biro Sekjen DPD RI

 

  • Sesuai dengan tujuannya yang dirancang untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris di dunia kerja, TOEIC® digunakan oleh berbagai perusahaan sebagai salah satu pertimbangan seleksi administrasi kandidat mengirimkan CV. Beberapa perusahaan yang mencantumkan TOEIC® pada lowongan pekerjaannya:

Mensyaratkan TOEIC® dengan skor 600

Mensyaratkan TOEIC® dengan skor 470

Mensyaratkan TOEIC® dengan skor 470

Mensyaratkan TOEIC® dengan skor 500

Mensyaratkan TOEIC® dengan skor 600

Mensyaratkan TOEIC® dengan skor 550

Mensyaratkan TOEIC® dengan skor 475 - 600

Mensyaratkan TOEIC® dengan skor 600

Mensyaratkan TOEIC® dengan skor 700

Mensyaratkan TOEIC® dengan skor 750

Mensyaratkan TOEIC® dengan skor 600

Mensyaratkan TOEIC® dengan skor 650

 

  • Bursa Efek Indonesia, PT Badak NGL, Premier Oil Indonesia, Conoco Philips, Saka Energi, Semen Gresik dan Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ menggunakan TOEIC® sebagai salah satu tahapan rekruitmen setelah tahapan seleksi administrasi.
    Dengan pelaksanaan tes yang dapat dilakukan diberbagai kota dan sistem skoring yang bisa sehari selesai menjadikan TOEIC® yang selain alat ukur yang dapat diandalkan juga mampu mendukung pencapaian target rekruitmen perusahaan.

 

  • Setelah lolos seleksi tahapan tertentu para kandidat pilot Lion Air kemudian mengikuti tes TOEIC® dengan sistem mandiri dimana peserta akan membiayai sendiri tes TOEIC® tersebut dan setelahnya akan dijadwalkan oleh Lion Air untuk mengikuti tes TOEIC® di PT ITC.
    Selain menjadi bukti keikutsertaan dalam rekruitmen pilot Lion Air, score report TOEIC® juga menjadi kredensial yang dapat digunakan untuk kebutuhan lainnya.

TOEIC® menjadi persyaratan bagi karyawan yang akan mengikuti pelatihan di luar negeri. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa karyawan yang dikirim tersebut mampu mengikuti pelatihan dengan baik dan kemudian menerapkannya dalam pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya. Beberapa perusahaan yang mensyaratkan TOEIC® untuk pelatihan ke luar negeri:

 

  • Bahasa Inggris menjadi kebutuhan utama setelah berlangsungnya MEA. Beberapa institusi pemerintah seperti BPSDM Perhubungan, Dinas Pariwisata DKI Jakarta, Direktorat PSMK Kemendikbud, Pemkot Tarakan menggunakan TOEIC® untuk mengetahui kemampuan Bahasa Inggris pegawainya.
    Dari skor yang diraih dilakukan pemetaan untuk menentukan program selanjutnya yang sesuai dalam rangka pengembangan kemampuan agar mampu berdiri sejajar saat berhadapan dengan utusan dari negara anggota ASEAN lainnya.
  •  

  • Program pemetaan dan pelatihan juga dilakukan oleh Disdik Propinsi Banten kepada pengajar Bahasa Inggris untuk memastikan para pendidik tersebut memiliki ilmu yang mumpuni sehingga mampu membekali siswanya fasih berbahasa Inggris.
  •  

  • Memenuhi permintaan klien untuk awak kapal atau pilot yang ditugaskan memiliki sertifikasi TOEIC® yang membuktikan kemampuan mereka dalam berkomunikasi dengan bahasa Inggris untuk menjamin kelancaran pengiriman barang, menjadikan Sukses Personalia Samudera, PP Equinox (Anthony Veder), Airfast Indonesia dan Gulfmarkawak kapal atau pilot sebelum diberangkat tugaskan.
  •  

  • TOEIC® merupakan tes Bahasa Inggris berstandar global yang sudah dipercaya oleh perusahaan-perusahaan yang telah mendunia. Huawei Tech Investment dan POSCO ICT yang beroperasional di Indonesia menggunakan TOEIC® dalam pemetaan karyawannya sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh kantor pusat yang berada di Korea dan China.
  •  

  • Pemetaan dilakukan perusahaan untuk memastikan karyawan selalu memiliki kemampuan sesuai dengan standar yang ditetapkan. TOEIC® dirancang khusus untuk dunia kerja dan bertahun-tahun dipercaya sebagai alat yang akurat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan antara lain:

 

Asuransi Tokio Marine

PB Taxand

Asuransi Samsung Tugu

IDX

KPEI

Bank Mizuho

 

Panasonic Manufacturing

Toyota Motor Manufacturing

Krakatau Engineering

NGK Busi

Semen Indonesia

Shimizu Corporation

Kimia farma

Rekayasa Industri

Kubota

 

Pertamina

PT Badak NGL

Panasonic Global Energy Indonesia

Central Java Power

 

JICT

Pelindo 3

Evergreen

 

 

Detail lengkap perusahaan yang telah menggunakan TOEIC dapat dilihat disini

Sesuai dengan ketentuan Kementrian Pendidikan Nasional bahwa setiap lulusan harus memiliki Surat Keterangan Pendamping Ijazah. Institusi pendidikan membekali calon lulusannya dengan TOEIC® karena dianggap yang paling sesuai untuk merepresentasikan kemampuan yang dibutuhkan di dunia kerja.

Ditetapkan sebagai sebagai salah satu syarat kelulusan, para calon lulusan wajib mengikuti tes TOEIC® yang diselenggarakan pihak institusi dan mencapai minimal skor yang telah ditetapkan. Institusi tersebut antara lain:

Universitas Multimedia Nusantara

President University

Universitas Sebelas Maret

Universitas Internasional Batam

Universitas Yarsi

Universitas Putera Batam

 

Politeknik Negeri Sriwijaya

PPNS Surabaya

Politeknik Negeri Bandung

Politeknik Negeri Semarang

Politeknik Negeri Medan

Politeknik Negeri Manado

 

STP Aviasi

LPKIA Bandung

ATKP Surabaya

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

STIKS Tarakanita

LP3I

ABA St. Pignatelli

STAIN Ponorogo

STIE Cirebon

STP Trisakti

Widya Mandala Language Institute

STMT Trisakti

 

Detail lengkap institusi pendidikan yang telah menggunakan TOEIC dapat dilihat disini