Listening (Mendengarkan)

Reading (Membaca)

Skor 71 – 90

Skor 71 – 90

Yang bisa dilakukan

Memahami seseorang yang berbicara dengan pelan dan spontan tentang hobinya.

Membaca informasi produk misalnya iklan dalam bahasa Inggris.

Bisa dilakukan dengan memerlukan usaha

Memahami informasi dari radio tentang jalan yang ditutup sementara.

Membaca dan mengerti artikel majalah tanpa menggunakan kamus.

Tidak bisa dilakukan

Memahami diskusi mengenai topik khusus seperti kesehatan masyarakat.

Memahami formulir yang ditulis dalam Bahasa Inggris.

 

Skor 51 – 70

Skor 51 - 70

Yang bisa dilakukan

Memahami kata-kata yang umum dipakai dankalimat sederhana saat diucapkan dengan pelan dan jelas.

Membaca dan memahami petunjuk jalan.

Bisa dilakukan dengan memerlukan usaha

Mengikuti diskusi mengenai permasalahan sederhana disekitarnya.

Membaca ketentuan sederhana seperti petunjuk penggunaan alat elektronik.

Tidak bisa dilakukan

Memahami informasi berjalan suatu pertandingan melalui radio.

Membaca dan memahami novel.

 

Skor 10 – 50

Skor 10 – 50

Yang bisa dilakukan

Tidak ada

Tidak ada

Bisa dilakukan dengan memerlukan usaha

Memahami nama seseorang yang disampaikan lewat telepon

Membaca dan memahami surel dengan Bahasa sederhana

Tidak bisa dilakukan

Memahami penjelasanan seorang penjual mengenai daftar harga barang yang dijual

Membaca dan memahami menu di restoran

Data lengkap dalam Bahasa Inggris, silahkan unduh disini

SKOR

SESI LISTENING (MENDENGARKAN)

SESI READING (MEMBACA)

LEVEL

455-495

Listening

Mampu memahami diskusi dalam rapat yang salah satu anggotanya aktif menggunakan Bahasa Inggris dalam kesehariannya.

Reading

Mampu membaca dengan baik untuk hal yang berkaitan dengan dunia kerja.

905-990

General Professional Proficienct

Speaking

Mampu memimpin rapat yang salah satu anggotanya adalah aktif menggunakan Bahasa Inggris dalam kesehariannya.

Writing

Mampu menulis dengan efektif baik dalam konteks formal dan informal. Untuk tulisan yang dipublikasikan masih membutuhkan tinjauan.

395-450

Listening

Mampu memahami informasi yang disampaikan pemateri dalam pertemuan berskala internasional.

Reading

Dapat membaca berbagai dokumen dengan tingkat kesulitan Bahasa Inggris yang bervariasi.

785-900

Advanced Working Proficiency

Speaking

Mampu melakukan wawancara pekerjaan untuk kandidat karyawan berpengalaman.

Writing

Mampu menulis surat keluhan dengan jelas.

305-390

Listening

Mampu memahami penjelasan yang diberikan terkait pekerjaan.

Reading

Mampu membaca agenda rapat.

605-780

Basic Working Proficiency

Speaking

Mampu melakukan diskusi dengan topik umum tanpa struktur Bahasa yang rumit.

Writing

Mampu menulis tapi dengan memerlukan usaha surat perkenalan untuk klien.

205-300

Listening

Memahami penjelasan yang terkait dengan pekerjaan rutin.

Reading

Mampu memahami petunjuk teknis sederhana.

405-600

Intermediate

Speaking

Mampu menjelaskan tanggung jawab pekerjaan dan latar belakang pendidikan.

Writing

Mampu mengisi formulir aplikasi sederhana.

130-200

Listening

Mampu memahami pesan yang disampaikan melalui telepon.

Reading

Mampu memahami intruksi sederhana.

255-400

Elementary

Speaking

Mampu berbicara untuk informasi sederhana seperti memesan makanan, meminta informasi dengan pendengar.

Writing

Menulis catatan singkat namun dengan memerlukan usaha.

05-125

Listening

Mampu memahami informasi sederhana seperti harga, petunjuk arah.

Reading

Memahami kata-kata umum seperti nama toko dan lain-lain.

10-250

Novice

Speaking

Mampu menyebutkan warna, hari, tanggal lengkap dan jam.

Writing

Mampu menulis kata-kata umum dan kalimat standar.

Data lengkap dalam Bahasa Inggris, silahkan unduh disini

Level

Skala Skor Speaking

Skala Skor Writing

1

0-30

0-30

2

40 – 50

40

3

60-70

50-60

4

80-100

70-80

5

110-120

90-100

6

130-150

110-130

7

160-180

140-160

8

190-200

170-190

9

-

200

 

Deskripsi Skor TOEIC® Speaking™

Level 8

Umumnya mampu melakukan pembicaraan secara konsisten dan terus menerus mengenai topik didunia kerja. Saat menyampaikan opini atau respon mengenai hal rumit, bahasanya sangat mudah dimengerti. Menguasai tata bahasa yang sederhana hingga rumit dan pemilihan kosakatanya akurat dan tepat.

Saat berbicara, pengucapan, intonasi dan penekanan dalam merespon pertanyaan atau memberikan informasi selalu dapat dengan mudah dimengerti.

Level 7

Mampu mampu memberikan respon secara konsisten dan terus menerus terkait topik dunia kerja. Mampu memberikan opini atau respon dengan pemilihan kalimat yang efektif. Untuk respon selanjutnya, beberapa kelemahan terkadang muncul tetapi tidak mempengaruhi pesan yang ingin disampaikan yaitu:

  • Kesalahan sederhana pada pengucapan dan intonasi ketika menyusun kalimat yang diucapkan.
  • Kesalahan dalam menggunakan tata bahasa yang rumit.
  • Memilih kosakata yang tidak tepat.

Mampu berbicara dengan benar saat menjawab pertanyaan dan memberikan informasi sederhana. Sangat mudah dimengerti saat membaca dengan suara keras.

Level 6

Peraih skor pada level ini mampu menjawab pertanyaan dan memberikan informasi sederhana, namun terkadang respon mereka sulit dipahami dan dimengerti. Hal ini disebabkan karena:

  • Pengucapan yang tidak jelas atau intonasi yang tidak tepat.
  • Kesalahan tata bahasa.
  • Keterbatasan penguasaan kosakata.

Dapat dimengerti saat membaca dengan suara keras.

Level 5

Memiliki keterbatasan dalam menyampaikan opini atau merespon pertanyaan yang rumit seperti:

  • Bahasa yang tidak akurat, samar dan sering diulang.
  • Kurang pemahaman atau bahkan tidak sama sekali terhadap lawan bicaranya.
  • Jeda yang terlalu lama dan sering ragu-ragu.
  • Terbatas dalam menyampaikan ide atau menyambungkan ide yang satu dengan lainnya.
  • Keterbatasan penguasaan kosakata.

Peraih skor pada level ini mampu menjawab pertanyaan dan memberikan informasi sederhana, namun terkadang respon mereka sulit dipahami dan dimengerti.

Umumnya dapat dimengerti saat membaca dengan suara keras. Saat menyusun kalimat, pengucapan, intonasi dan penekanan terkadang tidak konsisten.

Level 4

Sering gagal saat berusaha menyampaikan opini atau respon mengenai pertanyaan yang rumit. Respon terbatas hanya berupa satu atau beberapa kalimat. Kendala lainnya meliputi:

  • Keterbatasan dalam penggunaan bahasa.
  • Kurang pemahaman atau bahkan tidak sama sekali terhadap lawan bicaranya.
  • Mengalami kesulitan dalam menjaga konsistensi pengucapan, intonasi dan penekanan.
  • Jeda yang terlalu lama dan sering ragu-ragu.
  • Kosakata yang dikuasai sangat sedikit.

Lebih sering tidak dapat menjawab pertanyaan atau memberikan informasi sederhana.

Sangat membaca dengan suara keras, tidak selalu dapat dimengerti. Sering mengalami kendala dalam pengucapan, intonasi dan penekanan saat menyusun kalimat.

Level 3

Dapat menyampaikan opini dengan memerlukan usaha namun tidak dapat memberikan respon terhadap opini lain. Memiliki keterbatasan dalam menjawab pertanyaan yang rumit. lebih sering tidak dapat menjawab pertanyaan dan memberikan informasi sederhana. Tidak menguasai kosakata yang dibutuhkan untuk membuat opini sederhana.

Sulit dimengerti saat membaca dengan suara keras.

Level 2

Tidak dapat menyampaikan opini dan memberikan respon terhadap opini lain. Juga tidak dapat merespon suatu hal yang rumit atau respon yang diberikan yang diberikan tidak sesuai. Sulit dipahami saat menjawab pertanyaan atau memberikan informasi sederhana dalam interaksi social dan dunia kerja.   

Sulit dimengerti saat membaca dengan suara keras.

Level 1

Tidak memiliki kemampuan mendengar dan membaca dalam Bahasa Inggris yang dibutuhkan untuk memahami petunjuk tes atau isi pertanyaan tes.

 

Deskripsi Skor TOEIC® Writing™

Level 9

Dapat menyampaikan informasi sederhana secara jelas dan efektif serta menyertakan alasan, contoh dan penjelasan untuk mendukung opininya dengan tulisan yang terstruktur, runtut dan efektif. Penggunaan bahasa Inggris sangat alami dengan berbagai macam kalimat, pemilihan kata yang sesuai dan tata bahasa yang sesuai.

Mampu memberi informasi, menjawab pertanyaan, memberi instruksi atau membuat permintaan dengan jelas, runtut dan efektif.

Level 8

Dapat menyampaikan informasi sederhana secara jelas dan efektif serta menyertakan alasan, contoh dan penjelasan untuk mendukung opininya dengan tulisan yang terstruktur, runtut dan efektif. Mampu menulis menulis alasan, contoh dan penjelasan dengan baik, terstruktur dan menggunakan berbacai macam tata Bahasa dan kosakata yang sesuai.

Memiliki kelemahan sebagai berikut:

  • Sering melakukan pengulangan yang tidak perluatau tidakjelas saat menyambung topik tulisan.
  • Kesalahan kecil dalam penggunaan tata Bahasa atau salah memilih kata.

Level 7

Dapat memberikan informasi sederhana, bertanya, memberi instruksi atau membuat permintaan namun hanya sesekali dapat menyertakan alasan, contoh dan penjelasan. Namun tulisan yang dibuat terstruktur, runtut dan efektif.

Saat berusaha menjelaskan opini, tulisan yang dihasilkan mampu memberikan ide disertai dengan penjelasan yang sesuai.

Kelemahan yang dimiliki:

  • Penjelasan dan pengembangan dari poin utama tulisan tidak detil.
  • Tulisan yang dibuat untuk menyambungkan antar poin tulisan tidak jelas.
  • Kesalahan tata bahasa atau pemilihan kata yang tidak tepat.

Level 6

Terdapat beberapa bagian yang tidak tepat saat menuliskan informasi atau merespon opini yang disertai dengan alasan, contoh dan penjelasan. Saat memberikan informasi sederhana, bertanya, memberikan instruksi atau membuat permintaan, sering mengabaikan poin penting dan sebagian tidak dapat dipahami.

Saat berusaha menjelaskan opini, tulisan yang dihasilkan mampu memberikan ide disertai dengan penjelasan yang sesuai.

Kelemahan yang dimiliki:

  • Tidak mampu menyediakan penjelasan dan pengembangan yang spesifik dari poin utama.
  • Tulisan yang dibuat untuk menyambungkan antar poin tulisan tidak jelas.
  • Kesalahan tata bahasa atau pemilihan kata yang tidak tepat.

Level 5

Bisa memberikan informasi sederhana di beberapa bagian namun tidak dapat menyertakan alasan, contoh dan penjelasan. Saat memberikan informasi sederhana, bertanya, memberikan instruksi atau membuat permintaan, sering mengabaikan poin penting dan sebagian tidak dapat dipahami. Saat berusaha menjelaskan opini, kelemahan secara signifikan terlihat seperti:

  • Tidak dapat memberikan contoh, penjelasan atau detil untuk mendukung opini. Kalaupun tertulis, tulisan tidak sesuai dengan opini.
  • Tulisan yang dibuat untuk menyambungkan antar poin tulisan tidak jelas.
  • Terbatas dalam pengembangan ide.
  • Kesalahan fatal dalam penulisan tata Bahasa dan pemilihan kata.

Level 4

Memiliki kemampuan untuk mengembangkan opini dan memberikan informasi sederhana namun memiliki keterbatasan dalam mengkomunikasikannya. Saat berusaha menjelaskan opini, kelemahan secara signifikan terlihat seperti:

  • Tidak dapat memberikan contoh, penjelasan atau detil untuk mendukung opini. Kalaupun tertulis, tulisan tidak sesuai dengan opini.
  • Tulisan yang dibuat untuk menyambungkan antar poin tulisan tidak jelas.
  • Terbatas dalam pengembangan ide.
  • Kesalahan fatal dalam penulisan tata Bahasa dan pemilihan kata.

Tidak dapat memberikan informasi sederhana, bertanya, memberikan instruksi atau membuat permintaan disebabkan oleh:

  • Ketidaksesuaian informasi.
  • Ketidaksesuaian atau ketidakjelasan hubungan antar kalimat.
  • Kesalahan fatal dalam penulisan tata Bahasa dan pemilihan kata.

Peraih skor pada level ini memiliki kemampuan untuk menulis dengan tata bahasa yang benar namun sering tidak konsisten.

Level 3

Memiliki keterbatasan untuk menyampaikan opini atau memberikan informasi sederhana. Saat berusaha menyampaikan opini, tulisan yang dihasilkan menunjukan salah satu darikesalahan berikut:

  • Penulisan ide yang tidak terstruktur atau tidak dapat mengembangkan ide tulisan.
  • Sedikit atau bahkan tidak ada penjelasan spesifik atau tidak sesuai dengan ide utama.
  • Kesalahan fatal dalam penulisan tata Bahasa dan pemilihan kata.

Tidak dapat memberikan informasi sederhana, bertanya, memberikan instruksi atau membuat permintaan disebabkan oleh:

  • Ketidaksesuaian informasi.
  • Ketidaksesuaian atau ketidakjelasan hubungan antar kalimat.
  • Kesalahan fatal dalam penulisan tata Bahasa dan pemilihan kata.

Peraih skor pada level ini memiliki kemampuan untuk menulis dengan tata bahasa yang benar namun sering tidak konsisten.

Level 2

Sangat terbatas dalam menyampaikan opini atau memberikan informasi sederhana. Saat berusaha menyampaikan opini, tulisan yang dihasilkan menunjukan salah satu darikesalahan berikut:

  • Penulisan ide yang tidak terstruktur atau tidak dapat mengembangkan ide tulisan.
  • Sedikit atau bahkan tidak ada penjelasan spesifik atau tidak sesuai dengan ide utama.
  • Kesalahan fatal dalam penulisan tata Bahasa dan pemilihan kata.

Tidak dapat memberikan informasi sederhana dikarenakan:

  • Tidak mencantumkan informasi penting.
  • Ketidaksesuaian atau ketidakjelasan hubungan antar kalimat.
  • Sering terjadi kesalahan dalam tata Bahasa atau pemilihan kosakata

Level 1

Tidak dapat menjawab sebagian atau bahkan semua pertanyaan tes.

Peraih skor pada level ini harus meningkatkan kemampuan membacanya untuk dapat emmahami pertunjuk tes atau isi dari pertanyaan tes.

Data lengkap dalam Bahasa Inggris, silahkan unduh disini